HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT SIMVASTATIN PADA PASIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DI POSBINDU PUSKESMAS KUMAI TAHUN 2023

  • Mawaqit Makani STIKes Borneo Cendekia Medika
  • Juwita Juwita Juwita STIKes Borneo Cendekia Medika
  • Poppy Dwi Citra Jaluri STIKes Borneo Cendekia Medika

Abstract

Pendahuluan: Prevalensi hiperkolesterolemia di wilayah Kalimantan Tengah mencapai 54,2% (KEMENKES RI. 2021). Salah satu pilihan obat terapi untuk penyakit dislipidemia salah satunya hiperkolesterolemia yaitu golongan obat statin (PERKI, 2013). Dilaporkan seorang pasien laki-laki berusia 53 tahun terdiagnosis rabdomiolisis terkait penggunaan statin yang digunakan secara tidak tepat (Bolotakale et al, 2018). Menurut WHO penggunaan obat yang tidak rasional sekitar 50% disebabkan oleh Peresepan, penyediaan, atau diberikan secara tidak tepat dan sekitar 50% lainnya karna tidak digunakan secara tidak tepat oleh pasien (WHO, 2002).
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional analitik dan cross sectional dan pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan uji korelasi sederhana (bivariate correlation).
Hasil: Hasil dari hubungan tingkat pengetahuan terhadap ketepatan penggunaan obat simvastatin yaitu menunjukkan adanya hubungan yang positif kuat yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap ketepatan penggunaan obat dengan nilai sig (2-tailed) 0,000.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap ketepatan penggunaan obat simvastain pada pasien hiperkolesterolemia yang positif dan signifikan yang kuat antara dua hubungan tersebut
 
Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Ketepatan, Simvastatin, Hiperkolesterolemia
Published
2024-01-09
How to Cite
MAKANI, Mawaqit; JUWITA, Juwita Juwita; JALURI, Poppy Dwi Citra. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT SIMVASTATIN PADA PASIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DI POSBINDU PUSKESMAS KUMAI TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 40 - 52, jan. 2024. ISSN 2549-1822. Available at: <http://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/483>. Date accessed: 19 june 2024. doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v7i2.483.