UJI EFEKTIFITAS EKSTRAK DAUN KARAMUNTING (Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Candida albicans

  • Astia Mandani STIKes Borneo Cendekia Medika
  • Miftachul Sobirin STIKes Borneo Cendekia Medika
  • Ni Putu Sinta Puspa Dewi STIKes Borneo Cendekia Medika
  • Larantika Hidayati STIKes Borneo Cendekia Medika

Abstract

Kandidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans. Candida albicans memiliki sifat oportunistik yaitu menginvasi host saat kondisi imunitas turun. Candida albicans dapat menyebabkan infeksi superficial dan sistemik. Salah satu infeksi yang disebabkan oleh Candida albicans adalah kandidiasis oral dan kandidiasis vaginalis yang dapat menyebabkan penyakit kronis pada host, untuk menghambat pertumbuhan Candida albicans perlu adanya antibiotik. Antibiotik yang umum digunkan pada infeksi Candida albicans yaitu Nystatin, namun akhir-akhir ini banyak jenis antibiotik yang menyebabkan resistensi sehingga perlu adanya alternatif lain. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aktivitas antijamur ekstrak etanol 96% daun karamunting (Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. Daun karamunting diekstraksi menggunakan maserasi dingin dan metode yang digunakan adalah difusi sumuran. Hasil penelitian menunjukkan zona bening yang terbentuk pada konsenterasi 70 mg/ml sebesar 2.43 mm, konsenterasi 80 mg/ml sebesar 3.25 mm, konsenterasi 90 mg/ml sebesar 2.5 mm, konsenterasi 100 mg/ml sebesar 3.30 mm, kontrol positif sebesar 5.00 mm, dan kontrol negative 0. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan dianalisis menggunakan  uji Kraskul Wallis yaitu nilai sig 0,039 < 0.05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
 
Kata Kunci : Karamunting, Antijamur, Candida albicans, Zona hambat
Published
2024-01-09
How to Cite
MANDANI, Astia et al. UJI EFEKTIFITAS EKSTRAK DAUN KARAMUNTING (Rhodomyrtus tomentosa (Aiton) Hassk. TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Candida albicans. Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 53 - 61, jan. 2024. ISSN 2549-1822. Available at: <http://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/484>. Date accessed: 19 june 2024. doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v7i2.484.