STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN ANAK MEMILIH JAJANAN SEHAT DI KOTA DAN DI DESA (Studi di Kelurahan Sidorejo dan di Kelurahan Pangkut Pangkalan Bun)

  • Ibnu Habib Zein STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Rahaju Ningtyas STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Rukmini Syahleman STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun

Abstract

Pendahuluan Generasi sehat harus mampu dalam memilih segala hal. Salah satunya adalah dalam memilih jajanan sehat. Memilih makanan sehat harus dibudayakan sejak usia dini. Pembelajaran dalam memilah dan memilih makanan sehat dimulai sejak dari rumah sehingga ketika berada di luar rumah anak-anak mampu memilih jajanan sehat untuk dikonsumsi. Perlu adanya pembelajaran dan pengertian dari orang-orang terdekat seperi orang tua, guru, dan keluarga. Tujuan penelitia ini adalah Studi komparatif kemampuan anak memilih jajanan sehat dikota di kelurahan Sidorejo dan didesa di Kelurahan Pangkut Pangkalan Bun. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD yang berada di Kel. Sidorejo rt 03 dan di Kel. Pangkut rt 06 yang berjulah total 60 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel yang diguunakan adalah variabel penelitian, variabel penelitiannya adalah kemampuan anak memilih jajanan sehat. Kemampuan anak memilih jajanan sehat dikota masih belum mampu dan kemampuan anak memilih jajanan sehat didesa juga masih banyak yang belum mampu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitny di proleh nilai sig nya (0,783) > (0,05) maka H0 di terima tidak ada perbedaan kemampuan anak memilih jajanan sehat dikota dan didesa. Kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan dalam kemampuan anak memilih jajanan sehat di Kelurahan Sidorejo dan Kelurahan Pangkut. Kata kunci : Anak Sekolah, Memilih Jajanan, Kota, Desa

Author Biographies

Ibnu Habib Zein, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
Keperawatan
Rahaju Ningtyas, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Rukmini Syahleman, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan

References

Anonim. 2002. Memilih Makanan dan Jajanan yang Sehat. Balitbang Depdiknas dan Lembaga Penelitian IPB. Bogor.

Irianto, K. 2007. Mikrobiologi Menguak Dunia Mikroorganisme. Bandung:Yrama Widya. h:75-94.

IFAD, WFP. "FAO (2013)." The State of Food Insecurity in the World: The multiple dimensions of food security (2013).
BPOM, RI. "Laporan Tahunan 2013 Badan Pengawas Obat dan Makanan RI."Jakarta: Badan POM RI (2013).
Prasetyono, Dwi Sunar. "Buku pintar ASI eksklusif." Cetakan pertama. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI) (2009).
Notoatmodjo, Soekidjo. "Metodologi penelitian kesehatan." (2010).

Syamsi, Ibnu. 2000. Pengambilan Keputusan Dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2019-12-10
How to Cite
ZEIN, Ibnu Habib; NINGTYAS, Rahaju; SYAHLEMAN, Rukmini. STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN ANAK MEMILIH JAJANAN SEHAT DI KOTA DAN DI DESA (Studi di Kelurahan Sidorejo dan di Kelurahan Pangkut Pangkalan Bun). Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 121-128, dec. 2019. ISSN 2549-1822. Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/141>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci : Anak Sekolah, Memilih Jajanan, Kota, Desa

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>