HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN KEMAMPUAN TOILET TRAINING PADA USIA TODDLER (Studi Di Paud Buaian Bunda Desa Air Hitam Besar Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang)
Abstract
Pendahuluan: Pengetahuan sendiri dipengaruhi oleh faktor pendidikan karena pengetahuan sangat erat dengan pendidikan, dimana diharapkan bahwa dengan pendidikan yang  tinggi maka orang tersebut akan semakin luas pola pengetahuannya. Tujuan adanya penelitian ini sebagai bahan untuk  menganalisis hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan kemampuan toilet training pada usia toddler  di PAUD Buaian Bunda Air Hitam Besar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 32 orang dengan teknik pengambilan Total samplingdan didapatkan 32 orang. Hasil : penelitian menunjukkan Tingkat Pengetahuan Ibu di PAUD Buaian Bunda Air Hitam Besar sejumlah 22 orang (68,8%) termasuk kategori cukup, kemampuan toilet training sejumlah 18 (56,2%) termasuk kategori kurang. Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan kemampuan toilet training pada usia toddler  di PAUD Buaian Bunda Air Hitam Besar (p value 0,008). Kesimpulan : penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan kemampuan toilet training pada usia toddler  di PAUD Buaian Bunda Air Hitam Besar.ÂReferences
Kementrian Kesehatana Republik Indonesia. 2011. Riset Kesehatan Dasar. (http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202011), disitasi: 22 Maret 2017
Notoatmodjo, Sukidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.
Puji, L., 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Praktek Ibu dalam Menggunakan Diapers Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) di Kelurahan Putat Purwodadi : STIKes Telogorejo Semarang.
Risma, Devi, et all. 2015. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Volume 2 No. 2 Oktober 2015.
Saryono & Mekar Dwi Anggraeni. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Nuha Medika.
Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Cetakan ke2. PT. Inetrmedia Personalia Utama: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Gava Media.
Notoatmodjo, Sukidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.
Puji, L., 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Praktek Ibu dalam Menggunakan Diapers Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) di Kelurahan Putat Purwodadi : STIKes Telogorejo Semarang.
Risma, Devi, et all. 2015. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Volume 2 No. 2 Oktober 2015.
Saryono & Mekar Dwi Anggraeni. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Nuha Medika.
Soelaiman. 2007. Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif Untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Cetakan ke2. PT. Inetrmedia Personalia Utama: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Gava Media.
Published
2017-12-11
How to Cite
JOHARI, Ahmad; SETIAWAN, Christina T; WILUDJENG, Rahaju.
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN KEMAMPUAN TOILET TRAINING PADA USIA TODDLER (Studi Di Paud Buaian Bunda Desa Air Hitam Besar Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang).
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 215-220, dec. 2017.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/163>. Date accessed: 09 sep. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
Kemampuan Toilet Training, PAUD, Pengetahuan Ibu
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
Â