PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PADA ANAK AUTIS DI SDLB NEGERI 2 PANGKALAN BUN
Abstract
Memiliki anak yang cerdas secara spiritual, emosional dan intelektual adalah dambaan bagi setiap orang tua. Namun tidak semua anak mengalami perkembangan normal. Banyak diantara mereka yang dalam perkembangannya mengalami hambatan, gangguan, kelambatan, atau memiliki faktor-faktor resiko sehingga untuk mencapai perkembangan optimal diperlukan penanganan atau intervensi khusus. Penelitian ini berbentuk pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini sebanyak 17 responden. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Variabel independen dari penelitian ini adalah terapi musik dan variabel dependen adalah tingkat konsentrasi pada anak autis. Alat ukur yang digunakan adalah pedoman terapi musik dan lembar kuesioner, kemudian pengolahan data dimulai dari editing, coding, scoring, dan tabulating. Analisa data yang digunakan adalah uji Wilcoxon (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan, tingkat konsentrasi sebelum terapi musik responden yang memiliki tingkat konsenterasi pada kategori sedang berjumlah 13 orang (76,5%) dan yang memiliki kategori tinggi berjumlah 4 orang (23,5%). Setelah dilakukan terapi musik responden yang memiliki tingkat konsenterasi pada kategori sedang berjumlah 11 orang (64,7%) dan yang memiliki kategori tinggi berjumlah 6 orang (35,3%). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan p = 0,000 yang menunjukkan bahwa p<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh terapi musik terhadap tingkat tingkat konsenterasi pada anak autis di SDLB. Kata kunci: Terapi Musik, KonsentrasiReferences
Akmal, Mutaroh, et all. 2016. “Ensiklopedi Kesehatanâ€. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Durkin, M. 2010. Maternal Ages with Autism Specturm Disorder, Wisconsin.
Hardywinoto & Setiabudi, Toni. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Handayani, et all. 2012. “Pengaruh Terapi Murottal Al Quran untuk Penurunan Nyeri Persalinan dan Kecemasan pada Ibu Bersalin Kala 1 Fase Aktifâ€. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 5 No. 2, hal. 1-15
Satiadarma, Monty P., & Zahra, Roswiyani P. (2004). Cerdas dengan Musik.Jakarta: Puspa Swara.
Rudolph, A.M., Hoffman, J.I.E., Rudolph, C.D., 2006. Buku Ajar Pediatri Rudolph.Volume 1. Pediatri Perkembangan Perilaku. Jakarta: EGC, 141-143.
Nelson. (2007). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : EGC.
Merritt, Stephanie. (2003). Simfoni Otak. Bandung : Kaifa.
Durkin, M. 2010. Maternal Ages with Autism Specturm Disorder, Wisconsin.
Hardywinoto & Setiabudi, Toni. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Handayani, et all. 2012. “Pengaruh Terapi Murottal Al Quran untuk Penurunan Nyeri Persalinan dan Kecemasan pada Ibu Bersalin Kala 1 Fase Aktifâ€. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 5 No. 2, hal. 1-15
Satiadarma, Monty P., & Zahra, Roswiyani P. (2004). Cerdas dengan Musik.Jakarta: Puspa Swara.
Rudolph, A.M., Hoffman, J.I.E., Rudolph, C.D., 2006. Buku Ajar Pediatri Rudolph.Volume 1. Pediatri Perkembangan Perilaku. Jakarta: EGC, 141-143.
Nelson. (2007). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : EGC.
Merritt, Stephanie. (2003). Simfoni Otak. Bandung : Kaifa.
Published
2020-03-10
How to Cite
NINGTYAS, Rahaju.
PENGARUH TERAPI MUSIK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PADA ANAK AUTIS DI SDLB NEGERI 2 PANGKALAN BUN.
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 53-58, mar. 2020.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/210>. Date accessed: 09 sep. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
Kata kunci: Terapi Musik, Konsentrasi
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
Â