HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR REMAJA PADA KELAS XI DI SMKN 1 SERUYAN TENGAH
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini internet tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi namun juga hal-hal yang bersifat hiburan (entertainment), salah satu hiburan internet adalah game. Game online merupakan permainan yang berbasis elektronik dan visual dapat dimainkan oleh banyak pemain dalam satu waktu yang memanfaatkan jaringan internet sebagai medianya. Bermain game online secara berlebihan dapat mengakibatkan kurangnya waktu tidur, pola tidur yang dapat berakibat pada terganggunya kesehatan. Fenomena game online juga dapat menyebabkan remaja menjadi kecanduan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kebiasaan bermain game online dengan kualitas tidur remaja pada kelas XI di SMKN 1 Seruyan Tengah.Desain dalam penelitian ini adalah Cross-Sectional. Populasi seluruh remaja kelas XI di SMKN 1 Seruyan Tengah adalah 55 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulasi, dan analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.Hasil penelitian terhadap 55 responden yang terbiasa bermain game online selalu 27 (49,1%), dan hampir semua responden dengan kualitas tidur buruk sebanyak 36 (65,5%). Berdasarkan uji statistik rank Spearman ditemukan bahwa angka signifikan atau nilai probabilitas (0,000) jauh lebih rendah dari signifikansi standar 0,05 atau (p < α). H1 diterima, artinya di SMKN 1 Seruyan Tengah ada hubungan antara kebiasaan bermain game online dengan kualitas tidur remaja pada kelas XI di SMKN 1 Seruyan Tengah.Kata kunci : bermain, remaja, game online, kualitas tidurReferences
Azizah, L. (2018). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur Remaja Remaja di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang.
Astuti, Sri. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur pada Siswa/Siswi Di SMP Negeri 24 Samarinda. Skripsi : Fakultas Ilmu Kesehatan dan Farmasi Universitas
Muhamadyah Kalimantan Timur.
Baert, S., Omey, E., & Verhaest, D. (2015). Bring Me Good Marks On The Relationship Between Sleep Quality and Academic Achivement. Social Science dan Medicine, 130, 91–98.
Fadlilah, M, dkk. (2020). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kesiapan Mengikuti Proses Belajar Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV STIKES Muhammadiyah Palembang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Vol.11 No.1. Hal 86-94.
Fauziawati, Wieke. (2015). Upaya Mereduksi Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 4, No.2. ISSN: 2301-6167.
Febriana. (2012). Kecanduan Mahasiswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Bermain Game Online di Seturan, Sleman).
eJurnal Sosiologi Volume II,
Number 2 Tahun 2012.
Febriandari, D., dkk. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa. Volume 4, No.1. 50-56.
Fithriyana, Rinda. (2019). Hubungan Durasi Bermain Vidio Game Dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Sekolah di SDN 007 Pulau Birandang. Jurnal Ners. Volume 3 Nomor 2 Halaman 11
– 18. Issn : 2580-2194.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat. A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Jordan, C. J., & Andersen, S. L. (2016). Sensitive Periods Of Substance Abuse: Early Risk For The Transition To Dependence. Developmental Cognitive Neuroscience, 25(10), 29-44.
Khasanah. 2012. Kualias Tidur Lansia. Jurnal Nursing Studies. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/4164/1.pdf.
Diakses pada tanggal 23 November 2020.
Kholidiyah, U., & Yuwono, S. (2013). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi. Diakses tanggal 08 Desember 2020 dari http://eprints.ums.ac.id.
Krisna B. P. (2016). Prevalensi Dan Korelasi Insomnia Terhadap Kemampuan Kognitif Remaja Usia 15-18 Tahun di Panti Asuhan Widhya Asih 1 Denpasar. Jurnal: Medika Vol. 5 No. 5. ISSN: 2303-1395.
Kusumawati, Rosi. (2017). Perbedaan Tingkkat Kecanduan (Adiksi) Games Online pada Remaja Ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP UNP. Vol. 8, No. 1. Hal. 88-99.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodeologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2017). Metodeologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ridoi, M. (2015). Cara Mudah Membuat Game Rdukasi Dengan Construct 2.
Rojie. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Konsep Bermain dengan Tingkat Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah di T/PAUD Alazhiim Lapangan Manado. E-Jurnal Saputra.Oktober 2016 Vol.3 (3).
Saputra, R. A. (2017). Skripsi. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Usia 13-16 Tahun Di Warnet Wilayah Kebumen.
Astuti, Sri. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Kualitas Tidur pada Siswa/Siswi Di SMP Negeri 24 Samarinda. Skripsi : Fakultas Ilmu Kesehatan dan Farmasi Universitas
Muhamadyah Kalimantan Timur.
Baert, S., Omey, E., & Verhaest, D. (2015). Bring Me Good Marks On The Relationship Between Sleep Quality and Academic Achivement. Social Science dan Medicine, 130, 91–98.
Fadlilah, M, dkk. (2020). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kesiapan Mengikuti Proses Belajar Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV STIKES Muhammadiyah Palembang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Vol.11 No.1. Hal 86-94.
Fauziawati, Wieke. (2015). Upaya Mereduksi Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 4, No.2. ISSN: 2301-6167.
Febriana. (2012). Kecanduan Mahasiswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Bermain Game Online di Seturan, Sleman).
eJurnal Sosiologi Volume II,
Number 2 Tahun 2012.
Febriandari, D., dkk. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa. Volume 4, No.1. 50-56.
Fithriyana, Rinda. (2019). Hubungan Durasi Bermain Vidio Game Dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Sekolah di SDN 007 Pulau Birandang. Jurnal Ners. Volume 3 Nomor 2 Halaman 11
– 18. Issn : 2580-2194.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat. A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Jordan, C. J., & Andersen, S. L. (2016). Sensitive Periods Of Substance Abuse: Early Risk For The Transition To Dependence. Developmental Cognitive Neuroscience, 25(10), 29-44.
Khasanah. 2012. Kualias Tidur Lansia. Jurnal Nursing Studies. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/4164/1.pdf.
Diakses pada tanggal 23 November 2020.
Kholidiyah, U., & Yuwono, S. (2013). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi. Diakses tanggal 08 Desember 2020 dari http://eprints.ums.ac.id.
Krisna B. P. (2016). Prevalensi Dan Korelasi Insomnia Terhadap Kemampuan Kognitif Remaja Usia 15-18 Tahun di Panti Asuhan Widhya Asih 1 Denpasar. Jurnal: Medika Vol. 5 No. 5. ISSN: 2303-1395.
Kusumawati, Rosi. (2017). Perbedaan Tingkkat Kecanduan (Adiksi) Games Online pada Remaja Ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP UNP. Vol. 8, No. 1. Hal. 88-99.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodeologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2017). Metodeologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ridoi, M. (2015). Cara Mudah Membuat Game Rdukasi Dengan Construct 2.
Rojie. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Tentang Konsep Bermain dengan Tingkat Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah di T/PAUD Alazhiim Lapangan Manado. E-Jurnal Saputra.Oktober 2016 Vol.3 (3).
Saputra, R. A. (2017). Skripsi. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Usia 13-16 Tahun Di Warnet Wilayah Kebumen.
Published
2021-06-08
How to Cite
HABIBI, Alem et al.
HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR REMAJA PADA KELAS XI DI SMKN 1 SERUYAN TENGAH.
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 16-30, june 2021.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/219>. Date accessed: 30 apr. 2025.
Issue
Section
Articles
Keywords
bermain, remaja, game online, kualitas tidur
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).