“HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN” (STUDI KASUS DI PUSKESMAS TELUK BOGAM, KECAMATAN KUMAI, KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)

  • Iwan Setyo Lesmana STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Rahaju Ningtyas STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Rahaju Wiludjeng STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun

Abstract

Caring adalah sentral dalam praktik keperawatan karena caring merupakan suatu cara pendekatan yang dinamis, dimana seorang perawat professional dalam bekerja harus lebih perhatian dan bertanggung jawab kepada kliennya. Pelayanan keperawatan yang baik dan kepuasan pasien bisa dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas, kepuasan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujua untuk menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah desain penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan analitik cross sectional dengan jumlah sampel 60 responden dengan tekhnik Consecutive sampling. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan menggunkan Analisis Spearman’s rho dimana kedua variabel berskala ordinal. Hasil uji menunjukkan bahwa sebagian besar perawat sudah memberikan caring yang cukup dan pasien juga sudah merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan (56,6%). Dari Hasil uji didapakan Ï = 0.001, berarti Ï < 0,05 hal ini menujukkan adanya hubungan yang signifikan antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Kesimpulan Adanya hubungan  antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah

Author Biographies

Iwan Setyo Lesmana, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Rahaju Ningtyas, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Rahaju Wiludjeng, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan

References

279/MENKES/SK/IV/2006. (2006). Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehtan Masyarakat Di Puskesmas. Keputusan Mentri Kesehatan RI, November, 1–21.
Abdilah, A. D., & Ramdan, M. (2014). Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani, 56–66.
Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461
Firmansyah, C. S., Noprianty, R., & Karana, I. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957
Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). CV. Pustaka Ilmu. www.pustakailmu.co.id
Hyuningtyas, S., & Mustika, W. T. (2018). Pelayanan Antenatal Care Di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaran Bojonggede Bogor Jawa Barat . Universitas Gunadarma
Kusnanto. (2019). Perilaku Caring Perawat Profesional. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas airlangga (AUP). Surabaya.
Listiani, I. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Pasien Dengan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. 9–15.
Mailani, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang. Jurnal Endurance, 2(2), 203. https://doi.org/10.22216/jen.v2i2.1882
Manurung, S., & Hutasoit, M. L. C. (2013). Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Kesmas: National Public Health Journal, 8(3), 104. https://doi.org/10.21109/kesmas.v8i3.351
Montol, S. A., Franckie R. R. Maramis, & Engkeng, S. (2014). Hubungan Antara Status Demografi Dengan Kepuasan Dalam Pelayanan Pasien Jamkesmas Di Wilayah Kerja Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nursalam. (2015). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 4. In Salemba Medika.
PERMENPAN14/2017. (2017). Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, 32(1),1–30. https://doi.org/10.1161/01.STR.32.1.139
Rusnoto, Noor Chollifah, Y. K. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus. STIKes Muhammadiyah Gombong 838–849.
Telles, S., Reddy, S. K., & Nagendra, H. R. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening dalam Memilih Program Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Published
2022-04-27
How to Cite
LESMANA, Iwan Setyo; NINGTYAS, Rahaju; WILUDJENG, Rahaju. “HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN†(STUDI KASUS DI PUSKESMAS TELUK BOGAM, KECAMATAN KUMAI, KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH). Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 168-178, apr. 2022. ISSN 2549-1822. Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/255>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v5i2.255.
Section
Articles

Keywords

Caring Perawat, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>