ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK NH FARMA KECAMATAN ARUT SELATAN
Abstract
Pendahuluan : Kepuasan adalah suatu perasaan senang ataupun kecewa yang muncul pada seseorang setelah membandingkan antara kesan atau persepsi terhadap kinerja seseorang atau hasil suatu produk, maupun sebuah harapan - harapan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek NH Farma Pangkalan Bun. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif analitik, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 94 responden dari pasien yang datang ke Apotek NH Farma. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang telah di uji validasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan persentase rata – rata secara keseluruhan mendapat nilai sebesar 98,76%. Hasil penelitian tingkat kepuasan dengan metode Servqual didapatkan nilai gap secara keseluruhan sebesar -0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Madurejo dan Puskesmas Mendawai dalam kategori sangat puas.Kesimpulan : Pada penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian yang ada di Apotek NH Farma masih belum bisa memenuhi harapan konsumen yang datang ke Apotek NH Farma.References
Akhmad, A, D., DKK. 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati Vol 2 No 1
Bahem, Nureeyah. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Maziyyah,N & Nikmatuzaroh, R E. 2018. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wilayah Kota Yogjakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogjakarta
Narendra,Dkk. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi Volume 5, nomor 1 (31-37)
Pareraway, Dkk. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No. 4
Yulia, P R, Dkk. 2016. Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Apotek Dan Tingkat Pengetahuan Konsumen Mengenai Standar Pelayanan Kefarmasian Yang Berlaku (Studi Kasus Dikota Depok). Jurnal Aplikasi Bisbis Dan Manajemen, Volume 2 Nomor 3 (312-322)
Bahem, Nureeyah. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Maziyyah,N & Nikmatuzaroh, R E. 2018. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wilayah Kota Yogjakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogjakarta
Narendra,Dkk. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Kimia Farma Gatot Subroto Bandung. Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi Volume 5, nomor 1 (31-37)
Pareraway, Dkk. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No. 4
Yulia, P R, Dkk. 2016. Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Apotek Dan Tingkat Pengetahuan Konsumen Mengenai Standar Pelayanan Kefarmasian Yang Berlaku (Studi Kasus Dikota Depok). Jurnal Aplikasi Bisbis Dan Manajemen, Volume 2 Nomor 3 (312-322)
Published
2023-03-16
How to Cite
LESTARI, Nurya Indah; MAKANI, Mawaqit; JALUARI, Poppy Dwi Citra.
ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT TANPA RESEP DI APOTEK NH FARMA KECAMATAN ARUT SELATAN.
Jurnal Borneo Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 80-89, mar. 2023.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/314>. Date accessed: 28 mar. 2023.
doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v6i2 Desember.314.
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).