HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah)
Abstract
Pendahuluan: Masalah kesehatan masyarakat semakin berkembangnya, maka tuntutan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu juga meningkat. Begitu banyak masalah pelayanan kesehatan dalam melakukan pengobatan atau perawatan. Rasa keinginan kepuasan dalam pemberiaan pelayanan kesehatan merupakan masalah utama dalam ruang lingkup tatanan pelayanan keperawatan yang diberikan pada pasien. Penelitian ini bertujuan memerikan analisa kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode: Penelitian ini memiliki bentuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 486 orang dengan teknik pengambilan simple random sampling dan didapatkan 83 orang. Dimana terdapat 2 variabel yaitu independen (kinerja perawat) dan variabel dependen (kepuasan pasien) dengan instrumen lembar kuesioner. Hasil penelitian:   menunjukkan kinerja perawat di Puskesmas Kumpai Batu Atas sejumlah 42 orang (50,6%) termasuk kategori sedang, kepuasan pasien sejumlah 50 (60,2%) termasuk kategori sedang. Ada hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat (p value 0,011). Kesimpulan:  penelitian ini adalah H0 ditolak, H1 diterima artinya ada hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat. Kata kunci : Kepuasan pasien, Kinerja perawat,PuskesmasReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Pt Rhineka Cipta: Jakarta.
Dinas Kesehatan. 2014. Tenaga Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/DINKES_KES_PROVINSI_2014/21_KALTENG_2015.pdf
Mulyanto, R. 2012. “hubungan positif antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien Di Rumah Sakit Umum Derah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengahâ€. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Swarburg R C (2000). Pengembangan Staf Keperawatan Serta Pengembangan SDM, Buku Kedokteran EGC, Jakarta
Dinas Kesehatan. 2014. Tenaga Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/DINKES_KES_PROVINSI_2014/21_KALTENG_2015.pdf
Mulyanto, R. 2012. “hubungan positif antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien Di Rumah Sakit Umum Derah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengahâ€. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Swarburg R C (2000). Pengembangan Staf Keperawatan Serta Pengembangan SDM, Buku Kedokteran EGC, Jakarta
Published
2019-03-10
How to Cite
NOVITASARI, Anis; SETIAWAN, Christina Trisnawati; WILUDJENG, Rahaju.
HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah).
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, mar. 2019.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/53>. Date accessed: 05 oct. 2024.
Issue
Section
Articles
Keywords
Kata kunci : Kepuasan pasien, Kinerja perawat,Puskesmas
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
Â