HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah)

  • Anis Novitasari STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Christina Trisnawati Setiawan STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun https://orcid.org/0000-0002-9985-0878
  • Rahaju Wiludjeng STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun

Abstract

Pendahuluan: Masalah kesehatan masyarakat semakin berkembangnya, maka tuntutan untuk  mendapatkan  pelayanan  kesehatan  yang  lebih  bermutu  juga  meningkat. Begitu  banyak  masalah  pelayanan kesehatan dalam melakukan pengobatan atau perawatan. Rasa keinginan kepuasan dalam pemberiaan pelayanan kesehatan merupakan masalah utama dalam ruang lingkup tatanan pelayanan keperawatan yang diberikan pada pasien. Penelitian  ini  bertujuan memerikan  analisa kinerja  perawat  dengan  kepuasan  pasien  di  Puskesmas  Kumpai  Batu Atas Kabupaten  Kotawaringin Barat. Metode: Penelitian ini memiliki bentuk  penelitian  kuantitatif  dengan pendekatan  cross  sectional.  Populasi  dalam  penelitian  ini  486  orang  dengan  teknik  pengambilan  simple  random  sampling dan  didapatkan  83  orang. Dimana terdapat 2 variabel yaitu independen (kinerja perawat) dan variabel dependen (kepuasan pasien) dengan instrumen lembar kuesioner. Hasil  penelitian:   menunjukkan  kinerja  perawat  di  Puskesmas  Kumpai  Batu  Atas  sejumlah  42  orang  (50,6%)  termasuk  kategori  sedang,  kepuasan  pasien  sejumlah  50  (60,2%)  termasuk  kategori  sedang.  Ada  hubungan  kinerja  perawat  dengan  kepuasan  pasien  di  Puskesmas  Kumpai  Batu  Atas  Kabupaten  Kotawaringin  Barat  (p  value  0,011). Kesimpulan:  penelitian ini  adalah  H0  ditolak,  H1  diterima  artinya  ada  hubungan  kinerja  perawat dengan  kepuasan  pasien  di  Puskesmas  Kumpai  Batu  Atas  Kabupaten  Kotawaringin  Barat. Kata kunci : Kepuasan pasien, Kinerja perawat,Puskesmas

Author Biographies

Anis Novitasari, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang
S1 Keperawatan
Christina Trisnawati Setiawan, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Dosen S1 Keperawatan
Rahaju Wiludjeng, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Dosen S1 Keperawatan

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Pt Rhineka Cipta: Jakarta.
Dinas Kesehatan. 2014. Tenaga Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/DINKES_KES_PROVINSI_2014/21_KALTENG_2015.pdf
Mulyanto, R. 2012. “hubungan positif antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien Di Rumah Sakit Umum Derah Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika: Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Swarburg R C (2000). Pengembangan Staf Keperawatan Serta Pengembangan SDM, Buku Kedokteran EGC, Jakarta
Published
2019-03-10
How to Cite
NOVITASARI, Anis; SETIAWAN, Christina Trisnawati; WILUDJENG, Rahaju. HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Puskesmas Kumpai Batu Atas Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah). Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, mar. 2019. ISSN 2549-1822. Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/53>. Date accessed: 05 oct. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci : Kepuasan pasien, Kinerja perawat,Puskesmas

Most read articles by the same author(s)