HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PEMBERIAN INFORMASI TINDAKAN MEDIS DI RUANG MERANTI RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN
Abstract
Latar Belakang: Pemberian informasi tindakan medis sangat penting untuk pasien agar menambah pengetahuan terhadap tindakan yang dilakukan kepadanya. Pasien akan merasa puas terhadap informasi medis apabila cara penyampaian informasi dan hasil yang didapatkan setelah dilakukannya tindakan medis sesuai dengan harapannya atau melebihinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan kepuasan kemudian menganalisis hubungan pengetahuan dan kepuasan. Metode penelitian: Deskriftif korelasi dengan desain cross sectional dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuisioner kemudian dianalisis dengan uji statistik rank spearman dibantu dengan SPSS windows 21 menggunakan Alfa = 0,05. Hasil dan Analisa: Pengetahuan pasien baik, yaitu sebanyak 45 responden (67,2%), responden menilai puas untuk pemberian informasi tindakan medis sebanyak 49 responden (73,1%). Hasil dari uji kerolasi rank spearman didapatkan hasil Ï = 0,03, berarti α < 0,05 yang artinya ada hubungan pengetahuan dengan kepuasan pemberian informasi tindakan medis. Kesimpulan: Pengetahuan pasien baik, kepuasan pemberian informasi tindakan medis puas dan ada hubungan pengetahuan dengan kepuasan pemberian informasi Tindakan medis di ruang Meranti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.References
Agus, Riyanto dan Budiman. (2013). Kapita Selekta Kesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.
Devita Wulan, (2017), Hubungan Antara Pemberian Informasi Dan Lama Pelayanan Farmasi Resep Jadi Dengan Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Jenderal Ahmad Yani.
Edo Yunniarta (2011). Hubungan Tingkat Pendidikan Pasien Terhadap Kepuasan Pemberian Informed Consent di Bagian Bedah RSUP Karyadi Semarang.
Erlin Yuliana (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Terhadap Makanan Sehat Dan Bergizi Di Sekolah.
Fachrudin Akbar, (2018), Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepuasan Pemberian Informed Consent Pada Pasien Pre Operasi di Instalasi Kutilang RSUP Dr. Karyadi Semarang.
Fathurrohman (2016) Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Masyarakat Dalam Mencegah Leptospirosisdi Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.
Kementerian Kesehatan RI. 2016. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Latupono (2014) Hubungan pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD
Masohi thn 2014. JST Kesehatan
Mubarak. W. I. (2011). Promosi kesehatan.
Jogyakarta : Graha ilmu.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nova R.F. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakitpku Muhammadiyah Surakarta.
Nursalam (2011). Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika
Rekam Medis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun thn 2019.
Rikomah E.S (2017). Farmasi Rumah Sakit.
Yogjakarta: DEEPUBLISh.
Suwaryo, P. A. W. Dan Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. The 6th University Research Colloqoium Universitas Muhammadiyah Magelang
Windy Patricia, (2016), Melakukan Penelitian “ Hubungan Pemberian Informasi Sebelum Tindakan Operasi Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di RSUP Prof. DR. R. Kondou. Manadoâ€
Devita Wulan, (2017), Hubungan Antara Pemberian Informasi Dan Lama Pelayanan Farmasi Resep Jadi Dengan Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Jenderal Ahmad Yani.
Edo Yunniarta (2011). Hubungan Tingkat Pendidikan Pasien Terhadap Kepuasan Pemberian Informed Consent di Bagian Bedah RSUP Karyadi Semarang.
Erlin Yuliana (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Terhadap Makanan Sehat Dan Bergizi Di Sekolah.
Fachrudin Akbar, (2018), Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepuasan Pemberian Informed Consent Pada Pasien Pre Operasi di Instalasi Kutilang RSUP Dr. Karyadi Semarang.
Fathurrohman (2016) Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Masyarakat Dalam Mencegah Leptospirosisdi Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.
Kementerian Kesehatan RI. 2016. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Latupono (2014) Hubungan pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD
Masohi thn 2014. JST Kesehatan
Mubarak. W. I. (2011). Promosi kesehatan.
Jogyakarta : Graha ilmu.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nova R.F. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakitpku Muhammadiyah Surakarta.
Nursalam (2011). Proses Dan Dokumentasi Keperawatan, Konsep Dan Praktek. Jakarta : Salemba Medika
Rekam Medis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun thn 2019.
Rikomah E.S (2017). Farmasi Rumah Sakit.
Yogjakarta: DEEPUBLISh.
Suwaryo, P. A. W. Dan Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. The 6th University Research Colloqoium Universitas Muhammadiyah Magelang
Windy Patricia, (2016), Melakukan Penelitian “ Hubungan Pemberian Informasi Sebelum Tindakan Operasi Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di RSUP Prof. DR. R. Kondou. Manadoâ€
Published
2022-04-27
How to Cite
SARAGIH, Serpinawaty; SYHALEMAN, Rukmini; NINGSIH, Rastia.
HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PEMBERIAN INFORMASI TINDAKAN MEDIS DI RUANG MERANTI RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN.
Jurnal Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 133-140, apr. 2022.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/251>. Date accessed: 05 nov. 2025.
Issue
Section
Articles
Keywords
Pengetahuan, Kepuasan, Informasi Tindakan Medis
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
Â







