TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SUNGAI RANGIT DAN PUSKESMAS NATAI PELINGKAU KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Rahman Nur Chabib, Yogie Irawan, Ahmad Irawan

Abstract


Kepuasan yaitu dimana perasaan seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja dan kualitas jasa pelayanan yang didapat dengan keinginan, kebutuhan dan harapan. Tujuan penelitian ini untuk men3hui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sungai Rangit dan Puskesmas Natai Pelingkau Kabupaten Kotawaringin Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif, teknik pengambilan sampel teknik purposive sampilng. Sampel penelitian sebanyak 60 responden pada kedua Puskesmas Sungai Rangit dan Puskesmas Natai Pelingkau. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang telah di uji validitas dan realibilitasnya saja waktu tunggu yang dilakukan dengan menggunakan stopwacth. Data analisis dibuat tabulasi, dihitung menggunakan rumus presentase, dan waktu tunggu menggukan rata-rata pelayanan resep untuk melihat perbedaan waktu tunggu obat jadi dan obat racikan serta melihat waktu perbedaan kedua Puskesmas. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan persentase rata-rata secara keseluruhan sebesar (86%) pada Puskesmas Sungai Rangit dan (85%) pada Puskesmas Natai Pelingkau dengan kategori kepuasan adalah sangat puas. Hasil penelitian tentang waktu tunggu pelayanan resep memiliki rata-rata waktu tunggu resep racikan 13 menit pada kedua Puskesmas sedangkan waktu tunngu resep obat non racikan adalah 6 menit pada kedua Puskesmas. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sungai Rangit dan Puskesmas Natai Pelingkau dalam Kategori sangat puas.

Kata Kunci: Tingkat kepuasan, waktu tunggu, Deskriptif, Puskesmas.


Keywords


Tingkat kepuasan, waktu tunggu, Deskriptif, Puskesmas.

Full Text:

PDF

References


Adila Prabasiwi, dkk. 2019. Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Dua Puskesmas Kabupaten Tegal: Kota Tegal.

Depkes RI. 2016. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia : PUSDATIN KEMKES. Jakarta.

Emilia, S. 2016. Gambaran Tingkat Kepuasan di UPT Puskesmas Sindang Jawa Kabupaten Cirebon: Jakarta.

Erizal, Dr. Ir. MAgr. 2015, Pengantar Monitoring Pengendalian Proyek

Hendra, S. dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujanating Kabupaten Barru: Makasar.

Handayani, S. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno: Wonogiri.

Kesuma, Pradipta Bagus. 2017. Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Study Tentang Pemberian Fasilitas Pemkot Blitar Terhadap Pkl). Diss. University Of Muhammadiyah Malang.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15 th Pearson Education, inc,

Menkes RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Menkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek.

Nurma, KP. dkk. 2017. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan di Depo Farmasi Gedung MCEB RS Islam Sultan Agung: Semarang.

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Permenkes. 2019. Peraturan Tentang Puskesmas No.43 tahun 2019 : Jakarta

Purba, Dame TIka O. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Peayanan Kesehatan Di Puskesmas Huta Rakyat Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi : Universitas Sumatera Utara.

Prabasiwi A, Prabandari S, Dewi A.K.2018.Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Dua Puskesmas Kabupaten Tegal :Pemikir

Pohan IS, 2014. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Permana, AA. 2018. Evaluasi Waktu Tunggu dan Kepuasan Pelayanan Pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr.Loekmono Hadi Kudus: Surakarta.

Pipintri Margiluruswati, L.I. 2017. Analisis Ketepatan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien JKN Dengan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit: Surabaya.

Ratih, PR. 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasian di Apotik “x”: Banjarmasin.

Rabiatul, A. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut: Palangkaraya.

Rizqiana, AD. 2015. Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah: Jakarta.

Rina Feteriyani, dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian: Banjarmasin.

Rahmayanti, dan Ariguntar, Tri. 2017. Karakteristik Responden dalam Penggunaan Jaminan Kesehatan Pada Era BPJS di Puskesmas Cisoka Kabupaten Tangerang Januari-Agustus 2015. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. Vol 6, No.1: 61-65

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Santriatsi Maria. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oepoi. Politeknik Kesehatan Kemenkes : Kupang.

Sukamto Herlinda, 2017. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan RSUP dr.Wahidin Sudirohusodo. Program Studi S1 Farmasi UIN Alauddin : Makasar.

Siregar, Sri Endang. 2018.Waktu tunggu pelayanan resep rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit : Sumatera Utara

Sugiyono, 2014.Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung

Talinati, 2017. Survey kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas oesao periode Juni-Juli 2016: Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
STIKES Borneo Cendekia Medika
Jl. Sutan Syahrir No. 11 Pangkalan Bun, Kotawaringan Barat, Kalimantan Tengah 74112
Telp. 0823 3766 8899
Email: stikesborneocendekiamedika18@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.