HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KUALITAS PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DI KAMAR OPERASI RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN

  • Sholikin Sholikin STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Luluk Sulistiyono STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Ni Wayan Rahayu Ningtyas STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan asuhan keperawatan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sehingga membuat kepercayaan pasien semakin meningkat kepada rumah sakit. Salah satu penyebab peningkatan kualitas asuhan keperawatan yaitu perlunya motivasi yang diperlukan oleh perawat yang menjalani pelayanan tersebut. Sehingga hal ini perlu ada perhatian khusus dari pihak rumah sakit untuk memperhatikan hal ini agar meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan di kamar operasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Metode: Penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriftif korelasi dengan cross sectional. Adapun sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil: Sebagian besar responden memiliki motivasi kuat (35%) dan sebagian besar responden kualitas pelayanan asuhan keperawatan pada kategori baik (85%). Hasil dari uji kerolasi rank spearman didapatkan hasil p value = 0,010 (p < 0,05). Kesimpulan: Ada hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan di kamar operasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 

Author Biographies

Sholikin Sholikin, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Luluk Sulistiyono, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Ni Wayan Rahayu Ningtyas, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan

References

Anonim., (2010). Pendekatan Komprehensif Untuk Penyakit Ginjal Dan Hipertensi. http://www.jurnalmedika.com/edisi-tahun-2010/edisi-no-12-vol-xxxvi-2010/267-kegiatan/485-pendekatan-komprehensif-untuk-penyakit-ginjal-dan-hipertensi.
Ardiansyah, F. (2015). Analisis Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Peserta JKN tentang Pelayanan di Instansi Rawat Inap RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Tesis
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi
Irmawati., Kurniawati. (2014). Pengaruh kualitas layanan kesehatan terhadap keputusan pasien berobat di RSUD Moewardi Jebres . Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol : 15.
Latupono, A., M. M. Alimin ., dan Andi Z. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Masohi. JST Kesehatan 2015.
Kotler, Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta
Miftahun dan Sugiyanto. (2010). Pengaruh dukungan social dan kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dengan mediator motivasi kerja. Jurnal psikologi volume 37, No. 1, 94 –109
Masruroh, dkk (2013).Pengaruh Kemanfaaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP Di Kabupaten Tegal). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 2, Nomor 4.
Robertson, G.L. (2013). “Food Packaging: Principles and Practice” 3rd ed. CRC Press, Boca Raton
Published
2022-04-27
How to Cite
SHOLIKIN, Sholikin; SULISTIYONO, Luluk; NINGTYAS, Ni Wayan Rahayu. HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KUALITAS PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DI KAMAR OPERASI RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN. Jurnal Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 196-203, apr. 2022. ISSN 2549-1822. Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/258>. Date accessed: 05 nov. 2025.
Section
Articles

Keywords

Motivasi, Perawat, Kamar Operasi, Kualitas Asuhan Keperawatan

Most read articles by the same author(s)