STUDI KOMPARATIF KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UMUM DAN PERUSAHAAN DI POLIKLINIK MCU RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN

  • Nerlisa Nerlisa STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Rahaju Ningtyas STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
  • Rahaju Wiludjeng STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan tergambar pada tingkat kepuasan pasien. Taraf hidup masyarakat mempengaruhi tuntutan masyarakat terhadap kualitas kesehatan. Pelayanan rawat jalan di RSUD Sultan Imannudin dibagi menjadi dua sesuai dengan cara pembayarannya yaitu pasien asuransi dan umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komparatif  kepuasan pasien rawat jalan umum dan perusahaan  di Poliklinik MCU RSUD Sultan Imanuddin.Penelitian ini menggunakan metode non eksperiment : komparatif. yaitu untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan perusahaan dan umum.Hasil penelitian berdasar Wilcoxon sigred rank test dengan nilai p=0.000 < 0,05   yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat jalan umum dan kepuasan pasien rawat jalan perusahaan. Tingkat kepuasan pasien umum adalah puas, sementara tingkat kepuasan pasien perusahaan sangat puas. Hal ini dikarenakan dari faktor pembiayaan. Tingkat kepuasan pasien rawat jalan perusahaan sangat puas dikarenakan dari segi finansial mereka tidak perlu memikirkannya lagi. Pasien tertanggung (pasien perusahaan) hanya menerima pelayanan yang diberikan kepada mereka. Sementara pasien umum merasa puas karena mereka harus membayar biaya pegobatan, sehingga tuntutan terhadap mutu pelayanan juga tinggi.Disarankan bahwa penilaian tingkat kepuasan pasien dilakukan rutin dan berkala sebagai bahan masukan untuk mengambil kebijakan dalam peningkatan kualitas pelayanan terutama lebih difokuskan untuk dimensi reability (kehandalan). Kata kunci: Studi komparasi, Kepuasan ,Pasien  rawat jalan umum dan perusahaan

Author Biographies

Nerlisa Nerlisa, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Rahaju Ningtyas, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan
Rahaju Wiludjeng, STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun
Keperawatan

References

Aer Soandri. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn). Higeia: Journal Of Public Health Research And Development, E ISSN 1475-222656.Semarang. Diakses 28 Mei 2020.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kurniawan, Hendra dkk. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kedisiplinan
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Muninjaya. 2013. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Pohan, Imbalo S. 2017. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta.
Suryati, Bagoes Widjanarko, V. T. I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 1102–1112.
tjiptono, ( 2012 ) Strategi Pemasaran ,ed 3,yogyakarta; Andi offset
Wijono,D, ( 2012 ) Managemen Mutu Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien, Prinsip dan praktek . Jakarta; Rineka Cipta
Published
2021-06-08
How to Cite
NERLISA, Nerlisa; NINGTYAS, Rahaju; WILUDJENG, Rahaju. STUDI KOMPARATIF KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UMUM DAN PERUSAHAAN DI POLIKLINIK MCU RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN. Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 31-40, june 2021. ISSN 2549-1822. Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/220>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v5i1.220.
Section
Articles

Keywords

Studi komparasi, Kepuasan ,Pasien rawat jalan umum dan perusahaan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>