STUDI KOMPARATIF KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UMUM DAN PERUSAHAAN DI POLIKLINIK MCU RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan tergambar pada tingkat kepuasan pasien. Taraf hidup masyarakat mempengaruhi tuntutan masyarakat terhadap kualitas kesehatan. Pelayanan rawat jalan di RSUD Sultan Imannudin dibagi menjadi dua sesuai dengan cara pembayarannya yaitu pasien asuransi dan umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komparatif kepuasan pasien rawat jalan umum dan perusahaan di Poliklinik MCU RSUD Sultan Imanuddin.Penelitian ini menggunakan metode non eksperiment : komparatif. yaitu untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan perusahaan dan umum.Hasil penelitian berdasar Wilcoxon sigred rank test dengan nilai p=0.000 < 0,05  yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat jalan umum dan kepuasan pasien rawat jalan perusahaan. Tingkat kepuasan pasien umum adalah puas, sementara tingkat kepuasan pasien perusahaan sangat puas. Hal ini dikarenakan dari faktor pembiayaan. Tingkat kepuasan pasien rawat jalan perusahaan sangat puas dikarenakan dari segi finansial mereka tidak perlu memikirkannya lagi. Pasien tertanggung (pasien perusahaan) hanya menerima pelayanan yang diberikan kepada mereka. Sementara pasien umum merasa puas karena mereka harus membayar biaya pegobatan, sehingga tuntutan terhadap mutu pelayanan juga tinggi.Disarankan bahwa penilaian tingkat kepuasan pasien dilakukan rutin dan berkala sebagai bahan masukan untuk mengambil kebijakan dalam peningkatan kualitas pelayanan terutama lebih difokuskan untuk dimensi reability (kehandalan). Kata kunci: Studi komparasi, Kepuasan ,Pasien rawat jalan umum dan perusahaanReferences
Aer Soandri. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn). Higeia: Journal Of Public Health Research And Development, E ISSN 1475-222656.Semarang. Diakses 28 Mei 2020.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kurniawan, Hendra dkk. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kedisiplinan
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Muninjaya. 2013. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Pohan, Imbalo S. 2017. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta.
Suryati, Bagoes Widjanarko, V. T. I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 1102–1112.
tjiptono, ( 2012 ) Strategi Pemasaran ,ed 3,yogyakarta; Andi offset
Wijono,D, ( 2012 ) Managemen Mutu Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien, Prinsip dan praktek . Jakarta; Rineka Cipta
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kurniawan, Hendra dkk. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kedisiplinan
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Muninjaya. 2013. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC
Mu’awanah, R. (2018). Aplikasi Pengolahan Data Pasien Bagian Instalasi Gizi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Muara Enim (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Pohan, Imbalo S. 2017. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. EGC. Jakarta.
Suryati, Bagoes Widjanarko, V. T. I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 1102–1112.
tjiptono, ( 2012 ) Strategi Pemasaran ,ed 3,yogyakarta; Andi offset
Wijono,D, ( 2012 ) Managemen Mutu Rumah Sakit dan Kepuasan Pasien, Prinsip dan praktek . Jakarta; Rineka Cipta
Published
2021-06-08
How to Cite
NERLISA, Nerlisa; NINGTYAS, Rahaju; WILUDJENG, Rahaju.
STUDI KOMPARATIF KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN UMUM DAN PERUSAHAAN DI POLIKLINIK MCU RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN.
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 31-40, june 2021.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/220>. Date accessed: 09 sep. 2024.
doi: https://doi.org/10.54411/jbc.v5i1.220.
Issue
Section
Articles
Keywords
Studi komparasi, Kepuasan ,Pasien rawat jalan umum dan perusahaan
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â
Â