PENGARUH MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III ( Studi diruangan Akasia RSUD Sultan Imanuddin PangkalanBun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah)
Abstract
Pendahuluan Mutu pelayanan keperawatan dapat mempengaruhi kepuasaan pasien seperti kuranganya pelayanan yang diterima oleh pasien. Apabila mutu pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan maka seseorang perawat telah mengetahui tentang mutu pelayanan keperawatan khususnya dalam memberikan pelayanan keperawatan, maka pasien tidak akan mengalami ketidakpuasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasaan pasien rawat inap kelas III di RSUD Sultan Imanuddin PangkalanBun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap kelas III sebanyak 44 pasien dengan sampel yang diambil adalah 30 orang. Metode Penelitian Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dilakukan dengan menggunakan uji rank spearman dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil dan Pembahasan Hasil penelitian diperoleh mutu pelayanan keperawatan dengan kategori kurang sebanyak 12 responden (40%) sedangkan kepuasaan pasien dengan kategori tidak puas 20 responden (66,7%). Hasil uji rank spearman ada pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasaann pasien rawat inap kelas III di RSUD Sultan Imanuddin PangkalanBun yakni P = 0,007 jika α > 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan Disimpulkan bahwa ada pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasaan pasien rawat inap kelas III di RSUD Sultan Imanuddin PangkalanBun Kabupaten Kotawaringin Barat.Kata Kunci : Keperawatan , Kepuasaan Pasien, Mutu PelayananReferences
Budi Yulianto. 2014. Borneonews https://rsudpbun.Wordpress.com/2014/15/2. Diakses pada tanggal 10 april 2018 jam 10:00 wib.
Bustami. 2011. Penjaminan Mutu pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya, EMS. Jakarta.
Diakses pada tanggal 23 maret 2018.
https://Repository.usu.ac.id.
Lestari. 2012. Manajemen keperawatan. http//www.academia.edu/4750548/manajemen keperawatan by ratizza s.kep. Diakses pada tanggal 23 april 2018.
Nasution. 2013. Perbedaan Tingkat Kepuasaan Pasien Jamkesmas dan Pasien Uum Pada Mutu Pelayanan Keperawatan Diruangan Rawat Inap Kelas III Di RSUD PIRNGADI.
Netti. 2012. Manjemen sumber daya manusia. Jakarta. Bumi Aksara. https:digilib.stikeskusumahusada.ac.id/download.ph?id=1278.Diakses pada tanggal 17 juli 2018.
Septiana. 2013. Standar pelayanan dan asuhan keperawatan dirumah sakit jakarta : Departemen Kesehatan RI. https:// stikesyahoedsmg. ac. id/jurnal/p=119 Diakses pada tanggal 10 april 2018 jam 11:13 wib.
Suryati. 2012 . Kepuasaan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang, Tesis tidak dipublikasikan. Program Studi Magister Promosi Kesehatan Kajian Sumberdaya manusia, Program pasca sarjana universitas diponegoro,semarang.http://opac.unisayogya.ac.id/917/1/Naskah%20Publikasi.pdf Diakses pada tanggal 23 april 2018.
Wangge. 2011. Jaminan mutu pelayanan kesehatan ,Cetakan 1.Penerbit buku kedokteran EGC: Jakarta.https: //ejournal.kopertis10.or.id Diakses pada tanggal 27 april 2018.
Bustami. 2011. Penjaminan Mutu pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya, EMS. Jakarta.
Diakses pada tanggal 23 maret 2018.
https://Repository.usu.ac.id.
Lestari. 2012. Manajemen keperawatan. http//www.academia.edu/4750548/manajemen keperawatan by ratizza s.kep. Diakses pada tanggal 23 april 2018.
Nasution. 2013. Perbedaan Tingkat Kepuasaan Pasien Jamkesmas dan Pasien Uum Pada Mutu Pelayanan Keperawatan Diruangan Rawat Inap Kelas III Di RSUD PIRNGADI.
Netti. 2012. Manjemen sumber daya manusia. Jakarta. Bumi Aksara. https:digilib.stikeskusumahusada.ac.id/download.ph?id=1278.Diakses pada tanggal 17 juli 2018.
Septiana. 2013. Standar pelayanan dan asuhan keperawatan dirumah sakit jakarta : Departemen Kesehatan RI. https:// stikesyahoedsmg. ac. id/jurnal/p=119 Diakses pada tanggal 10 april 2018 jam 11:13 wib.
Suryati. 2012 . Kepuasaan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang, Tesis tidak dipublikasikan. Program Studi Magister Promosi Kesehatan Kajian Sumberdaya manusia, Program pasca sarjana universitas diponegoro,semarang.http://opac.unisayogya.ac.id/917/1/Naskah%20Publikasi.pdf Diakses pada tanggal 23 april 2018.
Wangge. 2011. Jaminan mutu pelayanan kesehatan ,Cetakan 1.Penerbit buku kedokteran EGC: Jakarta.https: //ejournal.kopertis10.or.id Diakses pada tanggal 27 april 2018.
Published
2019-03-10
How to Cite
JUNA, Juna; SYAHLEMAN, Rukmini; M.M, Wahyudi Qorahman.
PENGARUH MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III ( Studi diruangan Akasia RSUD Sultan Imanuddin PangkalanBun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah).
Jurnal Kesehatan Borneo Cendekia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 15-22, mar. 2019.
ISSN 2549-1822.
Available at: <https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/49>. Date accessed: 18 feb. 2025.
Issue
Section
Articles
Keywords
Kata Kunci : Keperawatan , Kepuasaan Pasien, Mutu Pelayanan
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).